MNC Play

MNC Play Menjadi Perwakilan Indonesia di Acara Global ICT Partnership Forum 2014


Jakarta – Setiap tahunnya Ministry of Science, Information, Communication, Technology and Future Planning serta Ministry of Trade, Industry and Energy dari negara Korea Selatan menyelenggarakan acara Global ICT Partnership Forum. Acara yang bertujuan sebagai ajang temu perusahaan ICT untuk dapat bersinergi dalam hal produk dan layanan yang dimiliki, juga sekaligus sebagai ajang penyampaian informasi perkembangan terkini masing - masing perusahaan.

Acara yang tahun ini diadakan di kota Busan, merupakan salah satu agenda penting di industri ICT Korea Selatan, dimana pembukaan acara ini sendiri dilaksanakan langsung oleh Presiden Korea Selatan Mrs.Park Geun Hye (Presiden wanita pertama di Korea Selatan).

Korea Selatan merupakan barometer ICT di Asia, dimana berdasarkan laporan AKAMAI 2013 merupakan negara yang memiliki kecepatan internet per kapita nomer satu di Asia dengan kecepatan 22.1 Mbps (Indonesia ranking 113 dengan 1.5 Mbps - http://goo.gl/fvi4nS ). Selain itu, Korea Selatan juga merupakan negara pertama di Asia bersama Jepang yang melaksanakan pembangunan infrastruktur Fiber to the Home (FTTH). 

Peserta undangan adalah merupakan Perusahaan Industri ICT pilihan dari berbagai benua termasuk diantaranya Indonesia, Bangladesh, Cambodia, China, Kazakhstan, Laos, Malaysia, Mongolia, Australia, Myanmar, Pakistan, Polandia, Rusia, Singapore, Rwanda, Tanzania, Thailand, Ukraina dan Vietnam (18 Negara termasuk Indonesia).

Pada kesempatan ini, Indonesia diwakili oleh 7 perwakilan yang terdiri dari pengurus APJII (Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia), PANDI (Pengelola Nama Domain Indonesia), Telkom Indo nesia, 3 perwakilan ISP Indonesia dan MNC Play (MNC Play). Diwakili oleh bapak Ade Tjendra, MNC Play sebagai salah satu pemain baru di industri
ICT Indonesia boleh berbangga, dimana MNC Play diberikan kepercayaan untuk menjadi wakil Indonesia untuk ajang yang bersifat global.

Satu hal penting yang dapat dilihat langsung adalah bagaiman Korea Selatan telah menciptakan lingkungan ICT di negaranya. Jaringan Fiber, Wireless dan Kabel TV / IPTV di Korea sudah sangat jauh menggunguli Indonesia. Jaringan WiFi tersebar merata termasuk di transportasi umum dan jaringan Fiber Optic sudah mengarah kepada GIGABit Access
Capacity disertai dengan Ekosistem penggunaan IPTV serta Aplikasi Online New Media Lokal Commmunity yang berkembang dan sudah dipersiapkan secara terintegrasi.

Trend kualitas TV mereka sudah bukan lagi ke High Definition (HD) tapi sudah ke Ultra High Definition (UHD) serta 3D Application. Lebih dari 80 persen content TV mereka didominasi oleh Konten Lokal dan TV Shopping.

Dengan mengikuti berbagai kegiatan yang bersifat Internasional, diharapkan akan memperluas wawasan MNC Play khususnya dan Industri ICT Indonesia pada umumnya, mengenai kemajuan industri ICT secara Global yang dapat diterapkan untuk kemajuan Indonesia.

 


Related News